Minggu, 05 Juni 2011

BOLA DUNIA

 Presiden Terpilih FIFA 2011-15

Sepp Blatter © AFP
Sepp Blatter © AFP
- Presiden FIFASepp Blattermeneruskan rezimnya di induk organisasi sepakbola dunia itu dengan kembali terpilih menduduki jabatan Presiden hingga 4 tahun mendatang pada hari Rabu (01/6).
Blatter menjadi calon tunggal setelah rivalnya,Mohamed bin Hammam mengundurkan diri sebelum akhirnya statusnya di FIFA dibekukan terkait tuduhan korupsi.
Kongres ke-61 FIFA menetapkan Blatter sebagai Presiden dengan mengumpulkan 186 suara sah dari 203 surat suara yang disebarkan. Setelah sebelumnya Inggris sempat meminta agar pemilihan Presiden ditunda menyusul kasus suap yang mendera Blatter. Mosi Inggris untuk menunda pemilihan itu ditolak oleh 172 suara berbanding 17 suara yang mendukung.
"Kami akan membawa FIFA kembali ke trek yang benar dan lebih transparan," ucap Blatter setelah dipastikan terpilih kembali.
"Kami akan memerlukan waktu, tetapi kami pasti akan melakukannya. Piramida organisasi ini kuat karena memiliki pondasi yang kuat pula." Blatter menambahkan.
Blatter yang mengambil alih pucuk pimpinan FIFA di tahun 1998, sedang menerima tekanan dari publik untuk segera melakukan reformasi di tubuh FIFA, terkait dengan tuduhan korupsi dalam penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022, yang dimenangkan oleh Russia dan Qatar.
Beberapa sponsor besar FIFA juga menyuarakan hal yang serupa, meminta Blatter untuk menyegerakan reformasi di tubuh FIFA. Karena kasus korupsi ini dinilai mencederai imej sepak bola sebagai olah raga yang menjunjung tinggi sportivitas.
Dalam pernyataan sebelumnya, Blatter menjanjikan perubahan di dalam proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia nanti, dengan cara melibatkan semua anggota FIFA yang berjumlah 208 negara. Sebelumnya tuan rumah Piala Dunia dipilih oleh 24 anggota Komite Eksekutif yang mempunyai wewenang memilih tempat dihelatnya turnamen terbesar dalam olahraga sepak bola tersebut.
"Saya ingin memberikan lebih banyak wewenang kepada anggota FIFA," ucap Blatter yang memutuskan tidak lagi akan mencalonkan diri pada tahun 2015 nanti.
"Di waktu yang akan datang, tuan rumah piala dunia akan ditetapkan melalui kongres FIFA. Komite Eksekutif akan membuat rekomendasi daftar negara, dan wewenang mereka hanya sebatas rekomendasi saja. Namun kongres yang berhak menentukan dimana Piala Dunia akan dilangsungkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons